Langsung ke konten utama

Lindungi Rumah Anda dari Air Yang Merusak


Apakah  pemilik rumah yang membutuhkan drainase air ?

Bukan rahasia lagi bahwa air dapat terus menjadi sumber masalah bagi pemilik rumah. Masalah yang terkait dengan air di rumah dapat memiliki sejumlah penyebab dan solusi berbeda juga.

Jadi apa yang dapat dilakukan sebagai pemilik rumah?

Bagaimana bisa memastikan bahwa rumah selalu terlindungi dari efek rusak karena  air yang merugikan ?

Teruskan membaca halaman ini. Di bawah ini akan mempelajari semua tentang penyebab dan efek kerusakan air, serta bagaimana drainase air dapat membantu memastikan bahwa rumah  selalu terlindungi dari masalah rumah bocor karena genangan air.

Basement Dan Rumah Basah

Tahukah kamu bahwa, ketika datang hujan lebat, ruang bawah tanah  adalah salah satu area yang paling rentan terhadap kerusakan?

Karena tanah disekitar pondasi rumah menyerap air hujan,  harus mewaspadai kerusakan pada pondasi ruang bawah tanah untuk menemukan masalah sebelum semakin banyak kerusakan yang terjadi. Misalnya perabot kesayangan basah karena air, perabot berjamur dan tentu saja bau tidak sedap.

Perhatikan tanda-tanda seperti:

Lantai Basah 
Ini adalah tanda paling jelas bahwa ada masalah dan mungkin salah satu masalah paling parah yang dapat  hadapi.

Apakah masalahnya adalah genangan air, atau banjir setinggi pergelangan kaki, ruang bawah tanah yang banjir tidak hanya merusak properti , tetapi dapat menyebabkan sejumlah masalah lain seperti kerusakan lantai dan potensi pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan kerusakan lebih dari yang mungkin  sadari sebelumnya. .

Retak Dinding 
Jika  melihat retakan pada dinding , itu bisa menjadi tanda pondasi bergeser, usia tua, atau konstruksi yang buruk yang harus diperbaiki secepat mungkin sebelum kerusakan air dapat menyebabkan retakan pada pondasi  dan menyebabkan beberapa kerusakan serius.

Sebagai solusi, retakan dinding dapat diperbaiki dengan berbagai cara. Injeksi epoxy bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki retak pada dinding. Dengan penyuntikan material epoxy dapat mengisi rongga kosong beton. Setelah selesai diperbaiki, sebaiknya aplikasikan waterproofing sebagai profesi jika suatu saat terjadi keretakan kembali.

Selain injeksi epoxy, retak dinding dapat disealent langsung menggunakan material campuran waterproofing atau epoxy. Area retak di cutting huruf V terlebih dahulu dengan kedalaman sekitar 2 - 3 cm kemudian diaplikasikan campuran waterproofing dan semen ataupun epoxy. 

Setelah retak tertutup semua, baru dipasang waterproofing. Sebaiknya gunakan material coating dengan penambahan kain kasa ataupun serat fiber untuk mendapatkan lapisan waterproofing yang lebih kuat.

Kebocoran Pondasi 
Jika melihat kebocoran di sekitar pondasi rumah,  harus mencoba menemukan sumbernya sebelum mengarah ke infiltrasi air lebih lanjut yang dapat menyebabkan sejumlah masalah lain yang terkait dengan kebutuhan drainase air.

Kebocoran tidak hanya menyebabkan potensi jamur, tetapi bisa menyebabkan kerusakan struktural yang dapat merusak stabilitas pondasi rumah, membuat rumah berpotensi tidak aman untuk ditempati.

Jadi bagaimana  bisa memastikan bahwa bagian bawah rumah aman setelah  melihat beberapa tanda di atas atau hal lain yang menunjukkan potensi kerusakan karena air?

Pemasangan Pompa Bah 
Dalam hal drainase air, pompa bah adalah salah satu investasi terbaik yang dapat  lakukan sebagai pemilik rumah.

Dengan memasangnya di ruang bawah tanah,  memiliki cara otomatis untuk memastikan bahwa air diambil setelah dikumpulkan. Dengan cara ini, air yang terkumpul tidak memiliki kesempatan untuk berlama-lama dan mulai terkikis di permukaan dan menyebabkan masalah lain.

Perbaiki Retakan dan Perkuat Pondasi
akan ingin mengatasi area masalah begitu melihat ada yang salah dan dapat melakukannya dengan sejumlah cara berbeda selain menggunakan drainase air untuk menghilangkan air yang menggenang.

Dalam hal retakan, misalnya, lihat beberapa teknologi ruang bawah tanah seperti injeksi epoksi dan pengisi retakan untuk memastikan retakan tidak membesar.

Dalam kasus pondasi yang melemah, prosesnya sedikit lebih rumit.  perlu menggunakan solusi seperti jangkar beton dan teknik pengurangan tekanan untuk memastikan pondasi rumah seaman mungkin.

Waterproofing

Dalam hal kepemilikan rumah, tidak ada cara yang lebih baik untuk memastikan bahwa  terlindungi dari kebutuhan akan drainase air di masa depan selain dengan membuat lantai beton kedap air.

Dengan solusi waterproofing yang tepat,  dapat memastikan bahwa permukaan di dalam dan di sekitar rumah tahan terhadap air selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dengan rumah  menjadi salah satu investasi terbesar yang pernah dilakukan,  tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan apapun untuk melindungi pondasinya, jadi lakukan langkah-langkah yang diuraikan di sini dan jaga keamanan rumah.

Drainase Perumahan dengan Waterproofing
Jika  membutuhkan drainase air, waterproofing, perbaikan pondasi, atau apa pun yang terkait dengan itu, maka taruhan terbaik untuk melindungi rumah adalah mengenal bantuan para profesional Waterproofing.

Waterproofing merupakan usaha untuk melindungi bangunan dari masalah bocor. Baik dengan membuat beton menjadi kedap air ataupun memasang lapisan anti bocor. 

Dari berbagai cara menciptakan bangunan bebas bocor, maka  jenis waterproofing juga sangat beragam antara lain Membrane bakar, coating, spray, integral dan waterstop. Kita bahas satu persatu.
Lindungi Rumah Anda dari Air Yang Merusak


Membrane Bakar
Membrane bakar merupakan waterproofing berbahan bitumen yang didesain khusus sebagai pelapis anti bocor untuk melindungi bangunan dari masalah bocor. Lembaran berbentuk gulungan dengan panjang 10 m dan lebar 1 meter. Membrane bakar diaplikasikan dengan cara dibakar menggunakan torching.

Ada dua jenis waterproofing membrane bakar yaitu ekspose dan non ekspose. Membrane ekspose lebih sering disebut membrane granule. Keunggulan membrane granule sudah tahan terhadap sinar matahari. Sehingga tidak membutuhkan lapisan pelindung lagi setelah aplikasi.

Sedangkan membrane non ekspose harus memakai lapisan pelindung setelah aplikasi. Dapat berupa plesteran atau screeding.

Coating
Waterproofing coating adalah suatu usaha untuk menciptakan lapisan waterproofing untuk melindungi bangunan dari masalah bocor. Caranya dapat dilakukan menggunakan kuas, roller atau spray.  Lapisan hasil aplikasi inilah yang akan berfungsi sebagai pelapis anti bocor. 

Waterproofing coating terbagi menjadi dua yaitu waterproof yang tahan terhadap sinar ultraviolet dan yang tidak tahan terhadap sinar matahari. Jika menggunakan produk yang tahan sinar matahari, maka tidak perlu lagi memasang lapisan pelindung waterproofing. Hasil aplikasi dapat dibiarkan begitu saja.

Sebagian besar, produk coating yang tahan terhadap sinar matahari berbentuk satu komponen. Sehingga pemakaian menjadi lebih mudah karena tidak perlu dilakukan pencampuran lagi. Berbeda dengan yang non eksposed yang harus mencampur kedua part material terlebih dahulu.

Integral waterproofing dan waterstop
Proses membuat beton menjadi kedap air dengan cara mencampurkan bahan kimia tertentu disebut sebagai integral. Dengan proses ini, akan menghasilkan beton yang kuat dan tidak tembus air.

Sedangkan waterstop adalah material yang dipasang pada setiap sambungan beton dengan tujuan mencegah air masuk ke dalam beton melalui sambungan.

Waterstop biasanya dikombinasikan dengan integral. Seperti sudah satu paket dan saling keterkaitan.

Pekerjaan integral dilakukan saat beton masih basah. Biasanya dilakukan dalam truk mixer atau molen dengan dosis tertentu sesuai dengan produk yang digunakan.