Atap Dak Beton Tidak Bocor Saat Musim Hujan | Ini Tipsnya

Membuat rumah pada area perkotaan yang padat penduduk harus pintar memanfaatkan lahan. Karena harga tanah semakin meningkat. Salah satu solusi untuk mendapatkan ruang lebih yaitu membangun rumah dengan atap dak beton. Ada kelebihan dan kekurangannya.Salah satunya adalah rumah rentan mengalami masalah bocor. Untuk mencegah hal ini, saya ingin membagikan tips cara membuat atap dak beton tidak bocor dengan mudah. Dan ini bisa menjadi solusi untuk anda yang berencana membangun rumah dengan desain minimalis.

Sebelum melanjutkan ke topik pembahasan, ada baiknya anda membaca artikel yang saya buat sebelumnya yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan bangunan dengan atap dak beton. Silahkan anda baca dengan cara KLIK DISINI

Cara Membuat Atap Dak Beton Tidak Bocor

Atap Dak Beton Tidak Bocor

Bagaimana setelah membaca artikel yang saya sarankan tadi ?

Apa sudah mengambil keputusan ?

Jika sudah bulat tekad untuk membangun rumah dengan atap dak beton, pastikan membuatnya agar bangunan tersebut tidak mengalami masalah bocor saat musim hujan. Dan saya sudah membuatkan list beberapa solusi untuk membangun rumah dengan atap dak beton tanpa harus takut dengan masalah bocor saat musim hujan.

Gunakan Beton Berkualitas Tinggi Saat Membuat Atap Dak Beton

Karena dak beton akan menjadi atap bangunan sekaligus dapat beralih fungsi sesuai dengan keinginan, maka area ini harus kita bangun dengan kuat dan kokoh. Salah satu cara mendapatkan beton yang kokoh adalah dengan meningkatkan kualitas dan mutu beton.

Dengan beton yang berkualitas tinggi akan dapat mencegah atap dak mengalami masalah bocor. Karena sebagian besar bangunan yang mengalami masalah bocor disebabkan oleh rendahnya kualitas beton. Sehingga atap dak banyak yang mengalami retak dan keropos.

Bagian beton yang retak dan keropos memungkinkan air meresap kedalam beton bahkan menembus sampai bawah. Dengan menggunakan beton berkualitas tinggi akan mengurangi semua resiko seperti ini. Semakin bagus mutu beton, semakin kecil kemungkinan mengalami masalah bocor.

Oleh sebab itulah saya menempatkan kualitas beton menjadi poin yang utama untuk membuat bangunan dengan atap beton yang bebas masalah bocor. Jadi jangan memilih menurunkan kualitas beton untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Karena hal ini akan berakibat panjang terhadap bangunan yang anda miliki.

Membuat Desain Atap Dak Beton Miring

Bangunan bocor adalah Masalah utama yang harus anda hadapi jika ingin menggunakan atap dak beton. Dan untuk mencegahnya adalah dengan mendesain bagian atap yang sedikit miring. Tujuannya adalah agar tidak ada air yang menggenang saat turun hujan.

Buat kemiringan atap dak beton yang memungkinkan air langsung mengalir sampai habis melalui pipa air hujan. Dan hindari membuat kemiringan menjadi satu sisi karena dikhawatirkan pipa air hujan tidak mampu menyalurkan air dengan cepat.

Anda bisa membuat kemiringan ke setiap sisi bangunan dengan titik tertinggi bangunan berada pada bagian tengah. Dalam kondisi seperti ini, dapat kita pastikan air akan mengalir dan tidak akan terjadi genangan.

Membuat Lebih Banyak Saluran Pembuangan Air Hujan

Dengan desain dak beton yang miring akan mampu mengalirkan air dengan cepat. Tapi tak cukup itu saja, kita membutuhkan banyak saluran pembuangan yang cukup agar air segera terbuang keluar bangunan. Buat saluran pipa air hujan yang cukup agar air tidak menggenang saat musim hujan tiba.

Memasang Waterproofing

Salah satu cara mencegah agar dak beton tidak mengalami masalah bocor adalah dengan memasang pelapis anti bocor. Banyak jenis waterproofing yang bisa kita gunakan untuk melindungi atap dak. Baik itu dengan metode kuas ataupun bakar.

Waterproof yang tahan terhadap sinar matahari ataupun tidak. Semua jenis tersebut dapat kita gunakan untuk melindungi atap dak beton.

Pilih waterproofing yang sesuai dengan kondisi bangunan dan sesuai dengan fungsinya. Konsultasikan dengan orang yang berpengalaman dalam bidang ini. Atau anda dapat membaca setiap artikel blog ini untuk dapat menentukan jenis yang tepat.

Silahkan baca : Jenis Waterproofing atap dak, pilih yang terbaik

Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk membangun blog ini agar menjadi lebih baik lagi. Dan jangan lupa bagikan ke media sosial jika artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan