Atap Dak Beton | Simak Kelebihan dan Kekurangannya

 

atap dak betonKonsep rumah minimalis saat ini menjadi sangat populer. Dengan keterbatasan lahan, kita bisa memanfaatkan bagian atap dak beton. Bisa saja kita alih fungsikan menjadi taman, kolam renang atau sebagai area untuk menjemur pakaian.

Alih-alih membuat bagian atap menjadi multi fungsi dapat menimbulkan masalah baru. Salah satunya adalah bangunan bocor. Bukan itu saja, atap dak beton memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan artikel ini akan menjelaskan secara detail agar anda dapat membuat pilihan. Mana yang akan anda prioritaskan.

Apakah akan menerapkan bangunan dengan atap dak beton atau akan mencari solusi lain untuk menghindari resiko dari bangunan dengan desain seperti ini. Namun, sebelum anda memutuskannya ada baiknya membaca pembahasan ini sampai selesai. Siapa tau membantu anda dalam menentukan pilihan.

Langsung saja kita masuk ke poin-poin yang mungkin berguna untuk anda.

Kelebihan Rumah Dengan Atap Dak Beton

Sudah yakin membangun rumah dengan desain minimalis ? Mungkin anda akan membuat dak beton sebagai atapnya. Berikut ini kelebihan dari bangunan dengan lantai atap dak beton.

Multi Fungsi

Tentu saja bagian atap yang terbuat dari beton akan menjadi multifungsi. Kita bisa membangun taman yang asri untuk menghabiskan waktu sore hari dengan minum teh sambil melihat hijaunya pepohonan. Bisa juga membuat kolam renang untuk menyalurkan hobby berenang. Atau jadikan sebagai tempat penyimpanan barang agar bagian dalam rumah tampak bersih dan rapi tanpa terganggu oleh tumpukan barang yang tidak terpakai.

Semua itu tergantung selera dan imajinasi. Bagaimana kita memanfaatkan kelebihan dari bangunan dengan desain atap dak beton sebagai pilihan. Intinya, manfaatkan space yang telah anda ciptakan agar lebih bermanfaat.

Desain Modern

Ya sudah jelas bergaya modern dong. Karena bagian atap dak ini merupakan desain rumah milenial masa kini yang rajin berkreasi dengan memanfaatkan berbagai kesempatan. Apalagi jika ingin memanfaatkan bagian atap dak rumah sebagai taman yang cantik, ini akan menambah keindahan rumah anda.

Atap Dak Beton Tidak Mudah Terbakar

Lantai atas rumah anda yang terbuat dari beton akan meminimalisir penyebaran api saat terjadi kebakaran. Dengan bahan beton, tentu saja area ini tidak akan mudah terbakar. Mana ada api yang menyukai beton. Apalagi jika bagian atap dak menjadi kolam renang. Tidak akan terbakar.

Mampu Menahan Panas

Karena terbuat dari beton yang kokoh, tentu saja bangunan dengan atap dak beton akan terasa sangat sejuk. Dengan beton yang tebal sangat bagus sebagai penghalau panas.

Daya Tahan Kuat

Beton dengan besi struktur yang kuat tentu saja akan menjadikan atap dak beton menjadi tahan lama. Apalagi jika atap menggunakan beton yang berkualitas tinggi. Akan menambah kualitas bangunan sehingga menjadi lebih kuat.

Mudah Dibersihkan

Atap dengan desain seperti ini sangat mudah untuk melakukan perawatan. Misalnya ingin membersihkannya. Berbeda dengan jenis atap lainnya yang membuat kita berpikir ulang untuk menaikinya.

Bagian Atap bisa kita bersihkan sesuka hati. Karena kita tidak perlu takut jatuh atau terpeleset. Bahkan anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat olahraga, berjemur atau sekedar menghabiskan waktu sore hari dengan menikmati secangkir kopi. Sedaaaapnya….

Kekurangan Rumah beratap Dak Beton

Nah…. Selain memiliki keunggulan, banyak juga kekurangannya. Tapi kekurangan ini bisa kita minimalisir dengan mencari solusi lainnya. Agar impian untuk mendapatkan rumah dengan atap dak beton. Apa saja kekurangannya ?
Yuk kita bahas bareng ya….

Tingkat Kelembaban Tinggi

Rumah dengan konsep seperti ini cenderung terasa lembab. Untuk menghindari hal ini, anda dapat membuat ventilasi udara yang cukup. Usahakan ruangan terkena sinar matahari yang cukup. Minimal ventilasinya mampu memberikan sirkulasi udara yang baik. Sehingga mengurangi resiko udara yang terasa lembab.

Harga Mahal

Dengan berbagai kelebihan yang didapatkan, tentu saja harus membayar dengan merogoh kocek lebih dalam. Seperti pepatah pada umumnya. Harga tidak akan membohongi kualitas.

Apalagi jika anda menginginkan kualitas beton yang bagus, tentu saja beton dengan kualitas tinggi memiliki harga yang tidak murah. Dan tentu saja akan menghasilkan atap dak yang sesuai dengan harapan.

Atap dak beton Rentan Bocor

Dan yang satu ini sering menjadi dilema saat ingin menjadikan beton sebagai atap rumah. Walau rentan mengalami masalah bocor, anda dapat melakukan antisipasi dengan memasang lapisan waterproofing untuk mencegah masalah bocor.

Dan untuk melakukan pemasangan waterproofing yang berkualitas bagus, anda kembali akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tapi bukan suatu masalah besar, karena ini untuk mendapatkan bangunan yang kita inginkan.

Proses Pembuatan Menimbulkan Banyak Limbah

Karena proses pembangunan menggunakan bekisting yang sebagian besar terdiri dari triplek dan bahan kayu lainnya akan menimbulkan banyak sampah. Tapi anda bisa menguranginya dengan menggunakan bondek sebagai pengganti bekisting. Jadi bisa sedikit mengurangi sampah bekas begisting.

Mudah Terserang Lumut

Jika menginginkan atap dak beton sebagai solusi atap rumah, ada kemungkinan bangunan anda menjadi mudah terserang lumut. Tentu saja ada langkah pencegahan agar itu tidak terjadi.

Anda dapat melakukan pemasangan epoxy pada area atap dak. Dan yang menjadi masalah adalah harga material pekerjaan epoxy lantai cukup mahal. Namun hal ini bisa menjadi solusi untuk anda yang tidak menginginkan bangunan cepat berlumut.

Semua tinggal bagaimana kita menemukan metode yang tepat untuk mendukung dan memberikan solusi jika anda tetap menginginkan atap dak beton sebagai pilihan.

Setelah membaca sedikit ulasan tentang apa saja kelebihan dan kekurangan atap dak beton, tentu saja anda sudah memiliki pilihan. Apakah mau memakai atap yang pada umumnya atau ingin menggunakan beton sebagai atap. Semua tergantung kebutuhan dan apa yang menjadi keinginan anda.

Tinggalkan Balasan