omfad.id
SHARE :

Waterproofing Bangunan, Pilih Pelapis Anti Bocor Terbaik

24
08/2020
Kategori : blog
Komentar : 0 komentar
Author : admin


Waterproofing Bangunan, Pilih Pelapis Anti Bocor Terbaik

Pada proyek konstruksi, banyak pekerjaan pendukung agar bangunan dapat berfungsi dengan baik. Waterproofing adalah salah satunya. Pekerjaan ini memberikan perlindungan agar bangunan tidak mengalami masalah bocor.

waterproofing

Admin ingin membahas jenis pekerjaan tentang pelapis anti bocor secara lenkap. Agar pembaca website ini mendapatkan informasi seputar produk tersebut secara detail .

Bukan itu saja, anda dapat menentukan jenis pelapis anti bocor yang tepat untuk anda pakai setelah membaca dan memahami semua informasi yang kami berikan.

Pengertian Waterproofing

pengertian waterproofing

Jenis pekerjaan melapisi beton dengan material tertentu dengan tujuan agar beton tidak mengalami bocor merupakan salah satu pengertian waterproofing.

Jadi, semua jenis kegiatan dengan tujuan membuat beton tidak mengalami masalah bocor bisa masuk kategori pekerjaan dalam bidang waterproofing. Intinya, pekerjaan ini bertujuan melindungi beton agar tidak terkontaminasi oleh air.

Pekerjaan ini sangat penting , sehingga banyak perusahaan yang khusus menawarkan jasa melaksankan semua jenis pekerjaan pelapis anti bocor.

Jenis Waterproofing

jenis waterproofing

Seiring perkembangan zaman dan banyaknya penggunaan material waterproofing, banyak perusahaan yang mengeluarkan produk ini, Sehingga menimbulkan banyaknya jenis waterproofing.

Dengan banyaknya jenis material pelapis anti bocor, maka pemakai harus sedikit memahami tentang material ini jika ingin menggunakannya. Jangan sampai salah dalam menentukan material waterproofing.

Dalam artikel ini, admin menyajikan rangkuman berbagai jenis lapisan waterproof yang dapat menjadi rekomendasi dalam memilih jenis material yang tepat dan sesuai dengan fungsinya.

Jangan asal pilih jenis waterproofing. Sebaiknya konsultasikan kepada pihak yang ahli dalam bidang ini. Agar mendapatkan material yang tepat sesuai dengan kondisi bangunan. Berikut ini pembahasan tentang jenis waterproofing terbaik sebagai solusi banguna bebas bocor.

Waterproofing Membrane bakar

waterproofing membrane bakar

Salah satu produk pelapis anti bocor yang banyak admin temui pada proyek konstruksi. Dengan berbagai keunggulan yang akan anda temukan. Salah satunya adalah tahan lama dengan harga yanga cukup bersaing.

Area yang banyak terpasang matearial waterproofing membrane bakar antara lain : atap dak beton, basement dan kolam renang.

Terdapat dua jenis mebrane baker yang paling laris saat ini. Keduanya memiliki keunggulan tersendiri. Berikut pembahasannya.

Membrane Granule

membrane granule

Waterproofing ini memiliki ketahanan terhadap sinar matahari. Dan menjadi salah satu yang membedakannya dengan membrane bakar jenis lain. Membrane granule memiliki lapisan tipis pada bagian sisi atas. Lapisan tipis tersebut berupa pasir silika yang memiliki warna.

Fungsi dari pasir tersebut adalah sebagai lapisan yang dapat melindungi membrane dari sinar matahari. Jadi anda tidak perlu memasang lapisan screed sebagai pelindung. Biarkan Membrane granule dalam kondisi terbuka.

Untuk keunggulan membrane bakar granule lainnya, anda bisa membacanya pada postingan berikut :

Waterproofing Membrane granule dan keunggulannya| Manfaatkan !!

Membrane biasa

membrane bakar biasa

Sebenarnya bukan membrane biasa namanya, hanya saja membrane ini tidak tahan terhadap sinar matahari. Jenis membrane ini memiliki tampilan warna hitam pada sisi atas membrane dengan lapisan pasir halus.

Pasir tersebut berfungsi sebagai pengikat membrane dengan material pelindungnya, salah satu contohnya adalah screeding atau beton instan.
Membrane bakar jenis ini lebih banyak penggunaanya, terutama pada proyek gedung bertingkat. Dengan harga lebih murah dan secara fungsinya membuat membrane ini lebih laris dari membrane granule.

Pada bangunan gedung bertingkat, biasanya pihak pengembang lebih menyukai jenis membrane ini karena finishing atap dak dapat berupa keramik atau lapisan screeding. Hal ini terjadi karena banyak aktivitas dan penempatan alat dan material yang pada area atap dak.

Anda dapat membaca postingan sebelumnya untuk mendapatkan informasi lainnya tentang jenis membrane ini :

Waterproofing Dak Beton | Pilih yang terbaik untuk anda

Waterproofing Coating

Waterproofing Coatingjenis pelapis anti bocor berikutnya adalah coating. Pelapis anti bocor jenis ini sangat banyak peminatnya. Bahkan tersedia secara umum pada toko bangunan.

Banyak jenis dan merk dagang yang memproduksi jenis material waterproofing coating dengan varian harga yang saling bersaing. Cara aplikasi coating yang sangat mudah membuat orang banyak menyukainya.

Cara aplikasi dapat memnggunakan kuas ataupun roll. Terdapat dua jenis waterproofing coating. Berikut pembahasannya

Waterproofing Coating Exposed

waterproofing coating exposed

Jenis yang pertama yaitu waterproofing coating exposed. Pelapis ini sudah memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari sehingga cocok untuk area yang terbuka.

waterproofing ini sangat cocok untuk dinding luar bangunan, namun banyak juga yang memakainya pada atau dak beton ataupun balkon. Karena material ini terpasang pada area yang terbuka, maka dapat menambahkan material lainnya sebagai bahan untuk memperkuat lapisan.

Produk yang sangat terkenal untuk jenis waterproofing coating yang tahan terhadap sinar matahari antara lain : Sikalstic 560, pantents 100 dan masih banyak jenis material lainnya.

Waterproof Coating Non exposed

waterproofing coating non exposed

Untuk waterproofing coating non exposed sebaiknya aplikasikan pada area yang tertutup. Tapi bisa juga untuk area yang terbuka, tapi harus memakai lapisan pelindung pada bagian atasnya. Biasanya memakai lapisan screed.

Jenis pelapis anti bocor ini banyak terpasang pada area toilet dan kamar mandi atau area yang memiliki luasan cukup sedikit. Pada area yanag sempit dan banyak pipa seperti toilet, sangat cocok memakai pelapis anti bocor seperti ini untuk mempermudah pemasangannya.

Waterprofing Integral

waterproofing integral

Produk yang satu ini tidak terlalu familiar untuk umum. Hanya proyek bertingkat dengan lantai basement yang menggunakan jenis waterproofing ini. Integral adalah proses membuat beton kedap air dengan cara menambahkan materila waterproof ke dalam beton yang masih segar.

Pencampuran waterproofing jenis ini dilakukan pada saat sedang proses pengecoran. Dan pencampurannya langsung ke dalam truck beton.
Ada dua jenis waterproofing integral, berikut ini pembahasannya

Mempengaruhi Slump

Integral waterproofing yang mempengaruhi slump beton biasanya berbentuk cair. Tapi tidak semua integral yang cair pasti berpengaruh pada slump. Jenis integral ini banyak pemakaiannya pada proyek gedung bertingkat.

Dan karena mempengaruhi slump, waterproofing ini sangat membantu untuk memudahkan dalam penuangan beton. Karena material ini dapat membuat beton menjadi lebih encer tanpa harus menambahkan air.

Dengan kelebihan ini, banyak pihak kontakator yang memakai waterproofing ini untuk solusi yang tepat pada area basement dan bagian bangunan lainnya yang terhubung langsung dengan tanah.

Tidak Mempengaruhi slump

Waterproofing integral yang kedua adalah yang tidak mempengaruhi slump beton. Biasanya jenis material berupa bubuk semen. Tapi tidak jarang yang berbentuk cairan. Secara fungsi, kedua jenis material ini memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama menghasilkan beton yang kedap air.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, memerlukan kerja sama antar pekerja proyek. Integral waterproofing tidak akan bekerja pada area beton yang keropos karena kurang pemadatan. Jadi, pekerja cor sangat mempengaruhi hasil dari pekerjaan ini.

Waterstop Juga termasuk Waterproofing

waterstop

Salah satu produk waterproofing yang sangat penting adalah waterstop. Biasanya waterstop teraplikasi bersama dengan waterproofing integral. Wataerstop adalah janis waterproofing yang berfungsi untuk menghentikan aliran air melalui sambungan beton.

Seharusnya, Waterstop terpasang pada sambungan beton. Ada dua jenis waterstop yang paling banyak terdapat pada proyek konstruksi.

Swallable waterstop

Jenis waterstop yang pertama adalah swallable waterstop atau yang sering di sebut dodol pada sebagian pekerja proyek. Cara pemasangan swallable waterstop cukup mudah.

Hanya menempelkan waterstop pada sambungan beton. Waterstop terpasang pada area sambungan beton yang akan melakukan pekerjaan cor. Material ini menempel pada beton lama.

PVC waterstop

Jenis waterstop ini tergolong mahal dan material cukup berat. Cara aplikasi juga sangat mudah. Pasang material pada area yang terdapat sambungan. Tapi perkirakan materila tertanam dalam beton sebagian. Dan sebagiannya lagi untuk pengecoran berikutnya.

Waterproofing Spray

Cara pemasangan waterproofing jenis ini sebenarnya masuk kategori jenis coating. Cuma cara aplikasinya dengan cara semprot atau spray.

Dinding basement banyak menggunakan metode waterproofin spray. Dengan kecepatan aplikasi, jenis material ini sangat banyak peminatnya.

Area Pemasangan Waterproofing

Dari berbagai jenis pelapis anti bocor yang ada kadang membuat sebagian konsumen bingung harus pakai waterproof jenis yang mana agar mendaptkan hasil yang maksimal. Tak jarang harga waterproofing menjadi daya tarik suatu produk. Dan harga yang mahal tidak menjamin keberhasilan pemasangan produk ini. Kita harus jeli dalam memilih dan menentukan jenis yang tepat untuk bangunan.

Admin akan memberikan sedikit gambaran agar anda dapat menentukan jenis waterproofing yang tepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah yang tepat dalam menentukan jenis waterproofing adalah dengan cara melihat dari area yang akan memakai pelapis anti bocor. Beikut ini pembahasannya.

Atap Dak Beton

solusi atap dak bocor

Bagian paling atas bangunan terdiri dari berbagai jenis. Salah satunya terdiri dari beton. Atap dak beton memerlukan lapisan waterproofing yang harus kuat. Karena area ini berfungsi sebagai atap sekaligus area yang terbuka dan selalu terpengaruh dengan kondisi cuaca. Saat terik ya kepanasan dan hujan ya kebasahan. Seperti sebuah lagu…… ya

Untuk antisipasi, gunakan lapisan waterpoofing yang kuat untuk area atap dak. Salah satu lapisan yang cocok untuk atap dak beton adalah membrane baker, baik itu yang sudah anti sinar uv ataupun tidak. Pilih sesuai kebutuhan.

Untuk atap dak yang banyak memiliki aktivitas dan penempatan alat, sebaiknya gunakan membrane biasa. Kemudian aplilasikan lapisan proteksi untuk melindungi membrane dari sinar matahari dan mencegak material tergores. Sedangkan untuk atap dak yang minim aktivitas dapat menggunakan membrane granule sebagai pelindungnya.

Untuk keunggulan membrane granule sudah admin bahas pada postingan berbeda.

Silahkan baca : Waterproofing Membrane granule dan keunggulannya| Manfaatkan !!

BasementSelain membrane baker, atap dak beton dapat juga memasang jenis waterproofing lainnya. Misalnya coating. Jika menginginkan aplikasi jenis ini, sebaiknya gunakan material tambahan untuk memperkuat lapisan waterproof. Anda bisa menggunakan kain kasa atau serat fiber untuk memperkuat lapisan ini.

Pada bangunan yang memiliki lantai bawah tanah sebagai lahan parkir atau lainnya, pastikan area tersebut menggunakan waterproofing untuk mencegah masalah bocor. Untuk area ini sangat rawan masalah bocor. Jadi memerlukan waterproofing khusus untuk melindungi bangunan dari air tanah yang setiap saat siap membanjiri lahan parkir anda.

Waterproofing yang tepat untuk area basement adalah integral dan waterstop. Dengan metode pencampuran material pada saat beton masih segar, besar kemungkinan material ini menghasilkan lapisan yang sangat baik. Beton akan menjadi kedap air dan tahan abrasi.

Selanjutnya pasangkan waterstop pada setiap sambungan beton untuk mencegah air meresap melalui celah yang terdapat pada bagian ini.

Kedua material waterproofing ini saling mendukung dan sangat tepat untuk area bawah tanah yang memerlukan lapisan waterproofing dengan kualitas tinggi. Kelemahan integral adalah material tidak dapat berfungsi pada area beton yang retak dan keropos.

Sebaiknya lakukan pengecoran dengan baik untuk mencegah adanya beton keropos setelah pengecoran selesai. Gunakan vibrator secara merata saat proses pengecoran area basement.

Dinding Luar Bangunan

waterproofing dinding luar bangunan

Saat ini lahan pada perkotaan semakin terbatas. Desain rumah tinggalpun menyesuaikan dengan keadaan lahan saat ini. Dinding samping bangunan sebagian besar berbatas langsung dengan bangunan tetangga, bahkan sampai menjadi satu.

Untuk rumah yang belum ada bangunan pada sebelahnya, dinding tetap akan terbuka. Sebelum tetangga sebelah mulai membangun, sebaiknya aplikasikan waterproofing pada bagian ini untuk mencegah rembesan air dari perbatasan dinding.

Pilih jenis waterproofing coating exposed dengan material tambahan untuk menambah kekuatan pada lapisan. Karena area ini sangat rawan masalah bocor. Oleh sebab itulah memerlukan tambahan kain kasa atau serat fiber untuk memperkuat waterproofing coating.

Kolam Renang membutuhkan waterproofing

kolam renang membutuhkan waterproofing

Area yang memerlukan lapisan waterproofing sebagai pelindung untuk mencegah masalah bocor adalah kolam renang. Bagian ini tentu saja membutuhkan pelapis anti bocor karena selalu menampung air dalam jumlah banyak.

Lebih parah lagi jika keberadaanya terletak pada bagian atas bangunan seperti Roof top atau atap dak. Jika keadaanya sepert ini, sebaiknya aplikasikan double waterproofing.

Pada bagian lantai atap dak, aplikasikan membrane baker. Sedangkan pada bagian dalam kolam renang cukup aplikasikan waterproofing coating. Pemasangan double waterproofing bertujuan untuk menghindari air dari kolam renang merembes ke dalam bangunan.

Toilet dan Kamar mandi

Dari berbagai jenis pelapis anti bocor yang ada, admin rasa waterproofing coating sangat cocok untuk area toilet. Area ini membutuhkan waterproofing yang simple dan mudah cara aplikasinya.

Karena area ini tergolong sempit dan banyak memiliki intsalasi pipa. Sehingga memerlukan jenis yang mudah dari segi pemasangannya.

Ground Tank

Ada beberapa bagian bangunan yang termasuk dalam kategori grountank. GWT, STP, sumpit dan jenis penampungan air lainnya membutuhkan pelapis anti bocor untuk mencegah masalah bocor. Karena area ini tertanam dalam tanah, besar kemungkinan air tanah dapat merembes kebagian dalam bangunan.

Selain masuk, waterproofing juga dapat berfungsi untuk mencegah air dalam tangki mengalir keluar. Dalam kondisi ini, waterproofing berfungsi untuk mencegah keduanya.

Pilihan yang tepat adalah menggunakan integral dan waterstop untuk area ground tank. Untuk menambah kekuatan waterproofing, dalam mengaplikasikan coating dari bagian dalam saat bangunan tangki sudah selesai.

Balkon

Bagian bangunan yang mungil ini sering terjadi masalah. Awalnya pemilik rumah menganggap balkon tidak akan bocor karena areanya tergolong kecil. Tapi anggapan seperti ini sangat salah. Walaupun kecil, area ini masih berpotensi menimbulkan masalag apabila ada air hujan yang terjebak.

Air akan mencari titik rendah yang terlemah. Jika area ini tidak terpasang waterproofing, ada kemungkinan air akan merembes ke bagian dalam bangunan.

Jangan sampai hal kecil seperti ini terjadi pada anda. Sebaiknya aplikasikan waterproofing coating atau cat pelapis anti bocor untuk melindungi bangunan dari masalah balkon bocor. Aplikasikan coating pada area balkon dan masalah anda akan selesai jika lapisan waterproofing terpasang dengan benar.

Taman

waterproofing pada taman

Untuk mempercantik bangunan dapat membuat taman sebagai area hijau. Bagian ini dapat menjadi tempat bersantai sambil memandangi tanaman hijau yang anda siram setiap hari. Cukuplah untuk menghilangkan penat setelah seharian menghabiskan waktu untuk mencari nafkah.

Selain keindahan, taman menimbulkan masalah bocor. Apalagi taman yang berada pada bagian atap rumah. Sebaiknya pikirkan jenis waterproofing yang kuat karena area ini akan menampung air hujan sekaligus air untuk menyiram tanaman.

Pakai waterprofing membrane baker untuk memberikan perlindungan agar air taman tidak menembus keluar area kecuali lewat saluran pembuangan yang telah tersedia.

Test rendam pekerjaan waterproofing

Dari serangkaian pekerjaan tentang pelapis anti bocor, ada hal yang sangat penting dan perlu untuk kita lakukan. Setelah pekerjaan waterproofing selesai, sebaiknya lakukan test rendam. Tujuannya adalah mengetahui hasil pekerjaan yang telah kita lakukan. Apakah berhasil atau masih memerlukan perbaikan.

Tanda pekerjaan sudah berhasil, tentu tidak ada area yang bocor saat sedang melakukan test. Jika masih ada area yang bocor, segera perbaiki. Pasang ulang waterproofing pada area yang masih bocor.

Lakukan test rendam minimal 1 x 24 jam dengan ketinggian air minmal 3 cm. Cara pengecekan dapat anda lakukan dengan melihat pada bagian bawah yang sedang proses pengetesan. Atau dapat juga dengan memberi tanda pada level air. untuk cara ini, sebaiknya pastikan tidak ada pekerja yang menggunakan air tersebut agar dapat melihat hasil pekerjaan waterproofing.

Pekerjaan pendukung

Pekerjaan waterproofing khusus menangani masalah pelapis anti bocor untuk bangunan. Diluar pekerjaan ini, ada jenis pekerjaan lain yang sering menjadi satu paket. berikut ini pekerjaan yang masih masuk dalam ruang lingkup pekerjaan waterproofing. Mari kita bahas satu persatu…

Floorhardener

floorhardener

Pekerjaan finishing lantai sangat beraneka ragam. Salah satunya adalah floorhardener. Jenis pekerjaan seperti ini terdapat pada area basement yang akan menjadi lahar parkir.
Floorhardener adalah material yang berfungsi untuk memperkuat permukaan lantai agar tahan terhadap gesekan.

Proses aplikasi harus menggunakan tenaga yang ahli dalam bidang ini karena sebagian besar pekerjaanya terjadi pada saat beton masih basah. Namun dapat juga proses kerjanya berjalan saat beton sudah kering. Tergantung jenis materialnya.

Epoxy lantai

waterproofing

Banyak cara untuk finishing sebuah lantai. Dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya penggunaan epoxy lantai pada ruang produksi. Ini sangat bagus karena epoxy lantai dapat terpasang tanpa ada sambungan. Selain itu, epoxy lantai cenderung mudah untuk proses pembersihannya. Lantai akan tampak besih dan rapi.

Ada berbagai jenis epoxy lantai yang ada saat ini. Dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan bangunan anda. Bahkan untuk area yang banyak mengandung bahan kimia sekalipun. Anda tinggal konsultasi dengan tenaga ahli dalam bidang epoxy lantai.

Repair Beton

Pekerjaan waterproofing banyak berkaitan dengan jenis pekerjaan lainnya. Repair beton merupakan salah satunya.

Saat akan aplikasi waterproofing, kita harus memperhatikan area tersebut. Apakah ada kerusakan beton yang memerlukan perbaikan atau tidak.

Beton keropos dapat anda perbaiki dengan metode grouting ataupun patchin. Untuk area beton retak atau bocor dapat anda perbaiki dengan cara melakukan injeksi beton. Jika kerusakan sudah sangat parah, dapat melakukan dengan metode pengecoran ulang menggunakan beon instant atau sejenisnya.

Grouting

Jenis pekerjaan ini merupakan salah satu langkah untuk memperbaiki kerusakan betton. Grouting adalah proses penuangan sejumlah material dengan tujuan memperbaiki kerusakan pada beton ataupun sekedar menambah kekuatan beton.

Cara aplikasinya dengan menuangkan sejumlah material untuk mengisi rongga kosong pada beton. Adapun area untuk pekerjaan grouting antara lain : Instalasi pipa yang pemasangannya dengan cara coring, beton keropos, retak strukture yang parah dan area yang memerlukan perkuatan seperti kolom dan balokan.

patching

Setelah melakukan pengecoran, ada area yang keropos karena kurang vibrator atau banyak sampah. Area yang keropos tapi tidak lebih dari 3 cm, sebaiknya lakukan perbaikan dengan cara patching. Patching adalah proses beton akan di cat atau finish pakai epoxy.

Injeksi Beton

Ada bebrapa jenis kerusakan beton yang harus melakukan perbaikan dengan metode khusus. Misalnya untuk area retak struktur ataupun area yang mengalami masalah boocor.

Injeksi beton sangat tepat untuk memperbaiki jenis kerusakan seperti ini. Ada 3 jenis injeksi beton saat ini. Dan akan kita bahas satu persatu. Berikut ini jenis injeksi beton yang dapat memperbaiki kerusakan beton dengan tepat.

Injeksi semen

Pada area beton yang mengalami masalah bocor dapat melakukan perbaikan dengan cara melakukan injeksi semen. Area dengan bocor besar dan keropos sangat bagus jika menggunakan metode ini. Area beton keropos akan terisi dengan material injeksi. Sesuai dengan namanya, injeksi semen berbahan dasar semen dan bahan pengeras.

Injeksi Polyurethane

Pada proyek konstruksi, terkadang kontraktor membutuhkan perbaikan beton bocor dengan cepat. Mereka tidak memiliki waktu yang cukup karena schedule proyek sudah akan serah terima.

Dalam kondisi seperti ini sangat tepat untuk menggunakan injeksi polyurethane untuk memperbaiki beaton bocor. Salah satu keunggulan dari jenis injeksi ini adalah proses pengerjaan yang sangat cepat dan langsung dapat melihat hasilnya. Oleh sebab itulah, metode ini sangat banyak yang menyukainya.

Injeksi PU dapat memperbaiki area bocor dengan volume besar, area retak ataupun pada setiap sambungan beton yang mengalami masalah bocor. Material yang berbahan polyurethane dapat mengembang sampai dengan 1000 persen jika bersentuhan dengan udara ataupun air.

Injeksi Epoxy

Untuk area yang retak strukture dengan kedalam retak menembus tulangan bahkan sampai tembus ke bagian sebelahnya, sangat cocok untuk melakukan perbaikan dengan metode injeksi epoxy.

Dengan bahan dasar epoxy yang lembut, memungkinkan material ini masuk melalui retakan dan mengisi setiap celah kosong pada beton. Dengan bahan epoxy yang berkualitas tinggi, diharapkan dapat merekatkan beton yang mengalami retak.

Repair lantai

Jenis kerusakan yang sudah tergolong parah, sudah tidak bisa memperbaikinya dengan meatode injeksi dapat melakukan perbaikan dengan cara melakukan penebalan lantai.cara ini akan membentuk beton baru. Biasanya cara ini banyak dilakukan untuk memperbaiki kerusakan pada area lantai.

Tips Seputar pekerjaan Waterproofing

Tidak terasa, kita sudah sampai pada bagian akhir artikel ini. Sebagai paragraf penutup, admin ingin memberikan tips sedikit jika ingin menggunakan waterproofing sebagai pelindung bangunan agar terhindar dari masalah bocor.

Ada beberapa hal yang anda dapat lakukan untuk mendapatkan waterproofing yang kuat dan tahan lama. Sebelum menentukan jenis waterproofing yang akan anda pakai, sebaiknya anda melakukan hal-hal berikut ini :

  • Konsultasikan keadaan bagunan anda dengan orang yang ahli dalam waterproofing untuk mendapatkan penjelasan tentang material yang tepat sesuai keadaan bangunan anda
  • Jika menggunakan aplikator waterproofing, sebaiknya tanyakan tentang pengalaman mereka. Proyek mana saja yang telah mereka selesaikan
  • Minta garansi material dan pemasangan agar anda tidak perku mengeluarkan biaya tambhan jika terdapat masalah bocor pada lokasi terpsang waterproofing
  • Penawaram lebih dari satu jenis material agar anda punya pilihan
  • Alamat lengkap perusahaan yang akan anda pakai, jika memungkinkan, cek keaslian alamat tersebut
  • Lakukan semua pembayaran sesuai dengan rekening perusahaan atau pemiliknya

Semoga bermanfaat

Berita Lainnya



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: