omfad.id
SHARE :

Injeksi PU | Cara paling cepat memperbaiki beton Bocor

2
09/2020
Kategori : blog
Komentar : 0 komentar
Author : admin


Injeksi PU | Cara paling cepat memperbaiki beton Bocor

Jika anda memasuki kawasan parkir sebuah Mall yang berada pada lantai basement. Anda tentu pernah melihat area beton yang lembab atau mengeluarkan air. Area tersebut terlihat kotor dan jorok karena terdapat banyak lumut dan cenderung kotor. Tentu kondisi seperti ini tidak anda inginkan terjadi pada bangunan anda. Sebagai pengetahuan, admin akan membahas cara memperbaiki masalah beton bocor dengan metode injeksi PU.

injeksi pu

Sebelum melanjutkan pembahasan, pada artikel sebelumnya telah admin bahas tentang jenis injeksi beton yang ada pada dunia konstruksi, salah satunya injeksi PU. Ada beberapa jenis injeksi beton, yang telah admin bahas.
Silahkan baca : Injeksi beton untuk memperbaiki kerusakan beton dalam dunia konstruksi

Pengertian injeksi Pu

Banyak cara untuk memperbaiki masalah kerusakan beton. Baik dengan cara memasang waterproofing, melakukan penambalan ataupun dengan cara injeksi beton. Dari ketiga cara memperbaiki kerusakan beton ini, salah satu metodenya adalah dengan melakukan injeksi PU.

Bagi yang sudah terbiasa bekerja dalam dunia konstruksi, mungkin istilah ini bukanlah hal yang asing, tapi berbeda dengan orang yang awam dalam bidang ini. Tentu akan menjadi istilah yang cukup mengerenyitkan dahi.

Injeksi PU atau injeksi POLYURETHANE adalah cara memperbaiki beton bocor dengan cara menyuntikkan material Polyurethane melalui neple khusus dengan tujuan memberhentikan aliran air yang meresap dalam beton. Dengan bahan dasar Polyurethane yang mampu mengembang sampai 1000 persen, memungkinkan material ini akan menghentikan aliran air tersebut bahkan mendorongnya sampai keluar dari dalam beton.

Cara tepat mengatasi masalah beton bocor

Dengan berbagai jenis dan desain bangunan, maka terdapat beraneka ragam masalah yang akan terjadi. Bangunan bocor menjadi salah satu polemik untuk semua orang. Terutama untuk mereka yang memiliki atau mengelola gedung bertingkat dengan lantai basement sebagai lahan parkir ataupun dengan fungsi lainnya.

beton bocor

Untuk bangunan yang sudah mengalami masalah bocor, tentu anda sedang mencari solusi terbaik dan cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu metode perbaikannya adalah dengan melakukan penyuntikan material untuk menghentikan aliran air yang ada dalam beton. Metode suntik beton ini lebih dikenal dengan sebutan injeksi beton bocor.

Injeksi Polyurethane merupakan salah satu cara memperbaiki beton bocor dengan cepat. Karena jenis pekerjaan ini menggunakan neple khusus dengan desain sedemikian rupa sehingga membantu untuk mempercepat pelaksanaannya. Selain itu, mesin injeksi PU juga sangat simple sehingga sangat cocok untuk semua kondisi bangunan.

Bukan itu saja, material untuk jenis injeksi ini juga sangat beragam. Sehingga memungkinkan untuk mendapatkan jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

Material dan alat untuk pekerjaan injeksi PU

Cara cepat memperbaiki beton bocor dengan metode ini sangat tepat untuk proyek konstruksi yang sedang kejar schedule. Dengan alat dan material yang tepat, injeksi PU dapat dengan cepat menyelesaikan masalah beton bocor.

Admin sudah merangkum alat dan material yang dapat anda siapkan untuk segera melakukan pekerjaan mengatasi masalah beton bocor.
Berikut ini daftar alat dan material injeksi PU :

  • Kabel roll sesuai kondisi proyek
  • Kunci Ring dan tang sesuai ukuran baut neple
  • Palu dan pahat
  • Mesin bor dan matanya
  • Mesin injeksi PU
  • Pentens 100 sebagai material utama
  • Packer atau neple khusus injeksi Polyurethane
  • Thinner
  • Oli bekas

Inilah yang menjadi salah satu keunggulan injeksi PU. Dengan alat dan material yang simple dapat mempermudah dan mempercepat penyelesaian masalah beton bocor.

Metode kerja

Langkah yang pertama adalah marking area bocor agar dapat menentukan estimasi jumlah material dan neple sesuai dengan kebutuhan. Pasang police line agar tidak ada pekerja lain yang melintas pada area kerja.

Setelah marking area, gunakan bor untuk membuat lubang tempat pemasangan neple injeksi dan sesuaikan dengan jumlah atau jumlah kebocoran yang akan di kerjakan. Pasang Packer pada lubang yang tadi dibuat kemudian kencangkan. Setelah satu area terpasang neple, langkah selanjutnya adalah melakukan penyuntikan material. Tuangkan PU 100 kedalam tabung mesin injeksi. Kemudian suntikkan material menggunakan mesin injeksi. Perhatikan dengan seksama jumlah material yang masuk dalam beton. Tekanan injeksi jangan terlalu tinggi.

Jika penyuntikan material sudah cukup, lepaskan selang injeksi dari neple dan biarkan material sampai setting dengan sempurna. Biasnya material injeksi akan mengembang dan keluar pada sekitar beton yang di injeksi. Setelah 1 x 24 jam, lepas semua neple injeksi dan tambal bekas neple menggunakan semen.

Bagaimana ? mudah bukan ?

Tips dan trik mengatasi bangunan bocor

Pekerjaan injeksi PU bukanlah hal yang sulit, tapi membutuhkan ketelitian dan pengalaman dalam mengatasi beton bocor. Karena pekerjaan sering mengalami kegagalan jika dikerjakan bukan oleh tenaga yang ahli dalam bidangnya.

Pada proses pengeboran untuk pemasangan neple, sebaiknya buat lubang yang miring sekitar 45 derajat atau perkirakan lubang menembus area yang retak ataupun keropos. Pembuatan lubang miring ini dengan tujuan untuk memperbesar kemungkinan lubang mengenai area yang menjadi penyebab masalah beton bocor.

Gunakan oli bekas untuk menjadi pelumas mesin injeksi PU agar Polyurethane tidak menempel dalam tabung dan selang mesin injeksi. Sebaiknya gunakan oli bekas terlebih dahulu sebelum menggunakan material injeksi PU.

Jaga kecepatan material agar bahan tidak terlalu lama tertahan dalam selang dan tabung. Jangan sampai material setting sebelum masuk kedalam beton. Gunakan Thinner untuk pencucian sisa material yang tertinggal pada tabung mesin injeksi Polyurethane.

Semoga bermanfaat

Berita Lainnya



Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: