omfad.id
SHARE :

Jenis waterproofing pada bangunan, Pilih yang terbaik

25
07/2020
Kategori : blog
Komentar : 1 komentar
Author : admin


Jenis waterproofing pada bangunan, Pilih yang terbaik

Pada proyek konstruksi, banyak jenis waterproofing dan tahapan untuk mendapatkan bangunan kokoh dan sesuai dengan fungsinya. Bukan hanya kokoh, bangunan akan memiliki nilai lebih jika tidak masalah bocor. Karena bangunan bocor akan membuat tampilan bangunan tampak kusam, bau dan jorok.

Untuk mendapatkan bangunan bebas bocor, maka ada penambahan bahan tertentu sebagai pelindung. Salah satunya adalah material pelapis anti bocor. Banyak jenis waterproofing dan fungsinya yang harus anda ketahui agar dapat menempatkan jenis yang tepat. Berikut ini jenis waterproofing terbaik saat ini : Membrane bakar, Coating, Spray, integral dan waterstop.

Dalam artikel ini, admin akan membahas jenis waterproofing membrane bakar yang dapat menjadi sebagai pilihan pelapis anti bocor untuk melindungi bangunan.

Pengertian dan jenis Waterproofing

Jenis waterproofing

Waterproofing adalah Pelapis anti bocor untuk melindungi bangunan agar tidak terhubung langsung dengan air. Lapisan waterproof ini mampu menjadi dinding pemisah antara beton dan air. Melihat dari fungsinya, lapisan waterproof wajib terpasang pada setiap bangunan untuk menjadi pelindung saat musim hujan ataupun cuaca buruk.

Selain sebagai pelindung bangunan, lapisan waterproof semakin berkembang sehingga mampu menjadi salah satu cara mempercantik bangunan. Banyak yang melakukan pengecatan bagian luar dengan cat yang memiliki kandungan waterproofing. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang memproduksi jenis cat ini dengan berbagai kelebihan dan keunggulan.

Jenis Waterproofing

Seiring perkembangan zaman, banyak perusahaan yang memproduksi berbagai jenis material waterproof yang dapat terpasang pada setiap sudut bangunan atau rumah. Dari berbagai jenis pelapis anti bocor yang beredar, admin akan membahas beberapa jenis waterproof yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melindungi property yang anda miliki.

membrane bakar

Membrane bakar adalah jenis pelapis anti bocor yang berbentuk lembaran dan berbahan aspal. Cara aplikasi dengan cara membakar material menggunakan alat khusus untuk jenis pekerjaan ini. Membrane bakar banyak peminatnya karena memiliki beberapa keunggulan dengan harga yang sebanding dengan kelebihannya.

Membrane bakar biasa

Jenis membrane ini memiliki tampilan pada bagian atasnya berwarna hitam dan pasir halus. Membrane ini harus  terpasang proteksi sebagai pelindung dari sinar matahari. Lapisan proteksi dapat berupa screeding pada bagian atas lapisan membrane. Jangan membiarkan membrane jenis ini tanpa proteksi dalam jangka yang lama karena dapat membuat membrane menjadi rapuh dan mudah patah.
Peusahaan yang menyediakan Membrane Bakar yang ada di pasaran sangat beragam, antara lain sebagai berikut :

  1. Membrane Bakar Casali
  2. fosroc
  3. Bostik
  4. Membrane bakar Sika
  5. Dan masih banyak jenis membrane bakar lainnya

Salah satu contoh pekerjaan waterproofing

Membrane bakar Granule

aplikasi membrane granule

Membrane granule memiliki tampilan dengan pasir yang lebih besar dari jenis biasa, Pasir yang menempel pada bagian atas membrane jenis ini dan berfungsi sebagai lapisan anti sinar ultraviolet. Jenis Membrane ini dapat bertahan lama tanpa proteksi dari sinar matahari. Ini merupakan salah satu keunggulan membrane granule.

Selain tahan terhadap matahari, jenis membrane ini memiliki berbagai pilihan warna yang menarik. Silahkan pilih warna kesukaan anda saat membeli membrane granule. Metode pemasangan pun dapat menyesuaikan dengan keinginan. Misalnya area sambungan ingin terlihat lebih rapi dapat meminta tenaga kerja untuk tidak membakar sambungan overlap atau jika anda ingin membentuk sambungan seperti susun bata dapat langsung konfirmasi kepada tenaga kerja yang sedang aplikasi pada bangunan yang anda miliki.

Membrane Tempel

Membrane Tempel merupakan lembaran tahan air dari bahan bitumen dengan salah satu sisi yang memiliki perekat dan berfungsi sebagai pengikat antara permukaan beton dengan lembaran membrane. Ada dua jenis membran yaitu dalam bentuk gulungan dengan ukuran 1×10 meter dan ada juga membrane tempel yang menyerupai genteng dan banyak berfungsi sebagai material pengganti genteng sebagai atap bangunan.

Waterproofing Coating

waterproofing coating

Coating merupakan proses pembuatan lapisan anti bocor yang terpasang menggunakan kuas ataupun spray. Jenis waterproof ini sangat banyak peminatnya karena biaya relatif murah dan cara aplikasi yang sangat mudah. Ada dua jenis waterproofing coating yaitu expose dan nonexpose. Untuk coating expose sudah memiliki ketahanan terhadap sinar matahari sehingga aman terpasang pada luar area bangunan tanpa lapisan proteksi, Biasanya waterproof jenis ini banyak teraplikasi pada dinding luar bangunan, Balkon dan atap dak.

Sedangkan coating nonexpose memerlukan lapisan proteksi sehingga harus terpasang screed setelah melakukan pekerjaan ini. Jenis waterproofing ini banyak terdapat pada area kamar mandi, toilet dan ruang dapur.

Integral dan Waterstop

integral waterproofing

Integral adalah proses pembuatan beton kedap air dengan cara mencampurkan material pada beton segar. Penambahan material ini bertujuan meningkatkan mutu beton dan mendapatkan beton yang tahan terhadap tekanan air. Sedangkan waterstop adalah jenis waterproofing yang terpasang pada sambungan beton baru dan lama dengan tujuan agar air tidak dapat mengalir melalui sambungan beton tersebut.

Kedua jenis material waterproofing ini biasanya terpasang secara bersamaan dalam satu paket pekerjaan. Kedua jenis waterproof ini saling mendukung.

Ada dua jenis waterstop yaitu sweallable waterstop dan PVC waterstop. Perbedaan kedua jenis ini terlihat dari bahan yang digunakan.

Bagian Bangunan dengan berbagai jenis waterproofing

Dari berbagai jenis Pelapis anti bocor yang beredar, kita sampai bingung untuk memilihnya. Jenis waterproofing yang mana yang tepat untuk kondisi bangunan anda. Tapi anda tidak harus bingung, Waterproof dapat menyesuaikan sesuai dengan area pemasangan. Berikut ini Admin ingin membagikan beberapa tips dalam menentukan jenis pelapis anti bocor yang tepat untuk sebuah bangunan.

Atap Dak Beton

Bagian atap dak adalah bagian bangunan yang paling banyak terdapat waterproofing karena bagian ini terhubung langsung dengan dunia luar dan terpengaruh langsung saat ada perubahan cuaca. Waterproofing untuk atap dak dapat menggunakan membrane bakar karena area ini membutuhkan perlindungan lebih. Sangat cocok apabila area atap dak terpasang membrane bakar karena jenis waterproof ini memiliki ketebalan yang cukup yaitu sekitar 3mm.

Tetapi jika menginginkan aplikasi coating, admin sarankan untuk memakai coating expose sehingga tahan terhadap sinar matahari dan menambahkan material pendukung waterproofing coating seperti kain kasa dan serat fiber.

Untuk Penjelasan tentang waterproofing atap Dak yang lebih detail, sudah admin bahas pada artikel berikut : Waterproofing membrane bakar solusi terbaik untuk atap dak Beton

Kamar Mandi dan toilet

Area toilet dan kamar mandi memiliki traffic penggunaan yang cukup tinggi, sehingga wajib untuk aplikasi waterproofing. Karena area ini cenderung tidak terkena sinar matahari dan selalu terpasang keramik, sebaiknya area toilet dan kamar mandi menggunakan waterproofing coating. Area toilet yang cukup kecil dan banyak pipa akan cukup menyulitkan jika ingin memasang membrane bakar.

Kolam Renang

Bagian bangunan yang satu ini tentu selalu terhubung dengan air, oleh sebab itulah bagian ini harus terpasang extra waterproofing. Saat melakukan pekerjaan pada area ini sebaiknya lakukan pengawasan penuh karena sangat berisiko mengalami masalah bocor. Apalagi jika kolam berada pada bagian atas gedung.

Sebaiknya gunakan integral dan waterstop saat melakukan pembangunan pada area kolam renang. Jika masih belum yakin dengan kekuatannya, sebaiknya aplikasikan double waterproofing. Anda dapat memilih coating dengan bahan kualitas tinggi dengan penambahan material seperti serat fiber atau kain kasa.

Balkon
Area balkon perlu terpasang lapisan anti bocor untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Walau area ini tidak banyak dilakukan aktivitas, tapi tetap membutuhkan lapisan waterproof. Kami menyarankan untuk aplikasi waterproofing coating untuk area balkon.

GWT dan STP
Area penampungan air ini tentu selalu bersentuhan dengan air. Baik itu air yang ada dalam bak penampungan atau air yang berada pada bagian luar area. Lokasi pembuatan GWT dan STP biasanya berada di bagian bawah bangunan atau area luar bangunan yang terhubung langsung dengan air tanah. Oleh sebab itulah area ini memerlukan perlakuan khusus dan material waterproofing yang mampu memberikan perlindungan dengan maksimal.

Bagian dalam bak penampungan air bersih pasti tidak ingin terkontaminasi dengan air tanah dan air bersih tidak berkurang ataupun terbuang karena penampungan air mengalami kebocoran.

 

Kondisi STP dan GWT

Melihat dari tata letak GWT dan STP yang sebagian besar tertanam dalam tanah, tentulah ada dua sisi memerlukan perlindungan agar air tidak tercampur dengan air lainnya. Air dalam bak GWT jangan sampai terbuang sia-sia dan berarti kondisi ini harus menjaga dari dalam GWT dan STP agar air tidak mengalir keluar. Pada kondisi yang berbeda, tentu anda tidak ingin air tanah mencemari air yang ada pada bagian dalam bak penampungan air.

Melihat kondisi seperti ini, pada kedua bagian yang harus terpasang waterproofing agar air pada kedua bagian tidak tercampur. Sebagian besar kontraktor memberikan perhatian yang lebih pada area ini. Biasanya kontraktor mengkombinasikan beberapa jenis waterproofing sebagai pelindungnya.

Sebagai contoh, penggunaan integral waterproofing untuk membuat beton menjadi kedap air dan memakai waterstop pada setiap sambungan beton untuk mencegah kebocoran pada area tersebut. Setelah strukture GWT dan STP jadi, kemudian memasang membrane bakar pada bagian luar untuk mencegah air dari luar meresap ke dalam GWT. Bukan itu saja, biasanya pada dinding sisi dalam penampung air terpasang waterproofing coating untuk mencegah air yang ada pada bagian dalam bak penampungan mengalir ke area luar. Benar-benar kondisi yang membuat area ini mendapatkan perhatian lebih.

Taman

Pada bangunan tertentu seperti mall dan apartemen sering terdapat taman sebagai area hijau dan untuk memperindah bangunan. Karena letaknya berada pada bagian atas, tentu area ini membutuhkan pelapis anti bocor. Karena intensitas air cukup tinggi, sebaiknya gunakan waterproofing membrane bakar sebagai solusi pencegah bangunan bocor.

Dinding Luar
Bagian dinding luar bangunan wajib terpasang pelapis anti bocor untuk mencegah meresapnya air hujan masuk ke dalam bangunan. Gunakan waterproofing coating expose dengan tambahan kain kasa untuk area dinding luar. Coating exposed biasanya memiliki warna yang dapat menyesuaikan dengan selera. Selain itu, jenis pelapis anti bocor ini memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari.

Penyebab kegagalan aplikasi

Masih banyak kejadian yang kurang menguntungkan saat perubahan cuaca dari musim kemarau menjadi musim hujan. Rumah mengalami masalah bocor dan rembes. Tentu hal ini akan membuat anda menjadi pusing, soalnya akan ada biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Yang lebih menyedihkan lagi, sebelumnya anda sudah aplikasi waterproofing dan kejadian bangunan bocor masih menghantui anda.

Bangunan yang sudah terpasang waterproofing bukan berarti tidak akan mengalami masalah bocor. Kejadian bangunan bocor akan tetap terjadi kembali bila lapisan waterproof tidak bekerja dengan maksimal. Banyak hal yang kemungkinan menjadi penyebab bangunan masih bocor walau sudah aplikasi waterproofing.

Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab gagalnya pekerjaan waterproofing:

  1. Pembersihan lokasi tidak maksimal
  2. Salah dalam memilih jenis waterproofing
  3. Waterproofing mengalami kerusakan
  4. Tidak ada champer
  5. Bangunan mengalami retak struktur yang tidak bisa di cover waterproof

Dari berbagai penyebab tersebut, yang sangat banyak terjadi adalah pembersihan lokasi saat melakukan pekerjaan waterproofing. Karena kurang pengawasan atau ketidaktahuan pekerja tentang syarat kebersihan lokasi pekerjaan yang harus terpenuhi, maka hal ini malah membuat material waterproofing tidak menempel sempurna pada beton. Malah menempel pada kotoran atau sisa beton yang tidak bersih saat sedang aplikasi material pelapis anti bocor.

Penyebab kebocoran yang kedua adalah rusaknya lapisan waterproofing, baik itu karena faktor umur waterproofing atau kerusakan oleh pemakaian. Material waterproof yang sudah sobek akan menjadi penyebab utama bangunan bocor.

Tips

Saat sudah memutuskan untuk menggunakan pelapis anti bocor sebagai pelindung bangunan, sebaiknya perhatikan beberapa tips dari kami agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Maksimalkan Persiapan lokasi waterproofing membrane bakar
  2. Jangan tergiur dengan harga murah, biasanya kualitas berbanding lurus dengan harga suatu produk.
  3. Pastikan tenaga yang melaksanakan pekerjaan waterproofing adalah tenaga yang ahli dalam bidangnya.
  4. Mintalah saran kepada tenaga ahli dalam menentukan jenis waterproofing yang sesuai dengan kondisi bangunan
  5. Lakukan pengawasan dengan ketat saat melakukan pekerjaan ini
  6. Mintalah garansi untuk memastikan bangunan anda telah terhindar dari masalah bocor

Cara perbaikan

Seiring berjalannya waktu, pelapis anti bocor tentu akan mengalami kerusakan dan menyebabkan bangunan anda mengalami masalah bocor. Ada dua jenis perbaikan waterproofing yang mengalami kerusakan yaitu dengan melakukan injeksi beton atau memasang waterproofing kembali.

Sebaiknya, perhitungkan dengan baik tentang langkah yang akan anda ambil. Jika kerusakan belum terlalu parah dapat di perbaiki dengan mengganti lapisan waterproof di sebagian area yang dinilai sudah cukup parah kerusakannya. Atau anda cukup melakukan injeksi beton untuk mengatasi masalah bangunan bocor.

Berita Lainnya



1 komentar

Lia

Jumat, 21 Agu 2020

Terima kasih infonya gan

Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: